follow us on twitter

Senin, 15 April 2013

Menanamkan Rasa Cinta Lingkungan Kepada Siswa


Adiwiyata merupakan program yang kini mulai diterapkan oleh banyak sekolah di Indonesia, salah satu sekolah tersebut adalah SMA N 1 Bantul. Setelah dihapuskannya program rintisan sekolah bertaraf internasional oleh mahkamah konstitusi, kini SMA N 1 Bantul mulai focus terhadpo program lain yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, yaitu Adiwiyata.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah Adiwiyata biasanya berorientasi pada lingkungan. Seperti yang telah terlaksana pada tanggal 11 Maret 2013 lalu, yaitu Outdoor Peduli Lingkungan. Kegiatan ini dilakukan oleh kelas XI, dengan acara mengunjungi museum Geospasial yang berada di kawasan Pantai Depok, yang dilanjutkan dengan acara membersihkan pantai dari sampah dan menanam pohon cemara udang.

Selain kegiatan diatas, SMA N 1 Bantul memiliki kegiatan kegiatan lain yang sudah siap dilaksanakan seperti
penghijauan kawasan sekolah dan lomba kebersihan kelas. Kegiatan kegiatan tersebut melibatkan seluruh warga sekolah, baik guru, siswa dan karyawan.

Dalam program adiwiyata ini siswa dituntut untuk berperan aktif agar tujuan program adiwiyata ini tercapai. Sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung, siswa dalam melaksanakan kegiatan kegiatan adiwiyata ini menjadi terpengaruh dan memiliki rasa cinta lingkungan.

Kerusakan lingkungan menjadi masalah yang cukup serius saat ini. Salah satunya adalah penebangan pohon dan kebakaran hutan. Dengan kegiatan menanam pohon, walaupun kegiatan ini dinilai kecil, tapi ini bisa menanamkan pemahaman baik kepada siswa. Siswa akan mengerti bahwa pohon memiliki peranan penting bagi manusia, seperti sebagai penghasil oksigen.

Kegiatan lain yang dinilai kecil tapi memiliki pengaruh yang besar adalah membuang sampah pada tempatnya. Dewasa ini, agaknya membuang sampah sembarangan sudah menjadi kebiasaan di masyarakat pada umumnya. sekolah memiliki tugas tidak hanya untuk memberikan pengetahuan  tetapi juga untuk membiasakan hal hal yang baik. Membuang sampah pada tempatnya tidak hanya diartikan dengan membuang sampah di tempat sampah, tetapi juga memisahkan sampah sampah organik dan non organik. Kegiatan ini dapat menanamkan rasa cinta lingkungan, khususnya untuk masalah sampah.
Oleh karena itu, program adiwiyata ini dapat dijadikan salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta lingkungan walaupun melalui pembiasaan kegiatan kegiatan sederhana.


(Writer: Rizki Nafi' S.)

5 komentar:

  1. kegiatan tanam cemara udang ini kak? #bagus, lanjutkan!

    BalasHapus
  2. Outdoornya sukses gan, ke depannya semoga tambah maju.

    BalasHapus
  3. Salam pecinta lingkungan... :)

    BalasHapus