follow us on twitter

Jumat, 26 April 2013

Kelas Bersih dan Sehat? Itu Bukan Hanya Mimpi!!!



PERHATIAN!!
Jangan kaget bila artikel ini penuh kata-kata lebay dan jangan kagum juga bila artikel ini mengandung isi yang membuat Kawanku semua sadar.. J hehe..

***

Sebelum saya memaparkan artikel ini, saya ingin menanyakan kepada Kawanku yang baik hati dan budiman,
 “Bagaimana perasaan kalian ketika berada di ruang kelas yang bersih dan sehat?”
Dan kalau saya disuruh menjawab, saya pasti akan bilang,
Seneng banget, ciyus enelan.. J kalau ditambah temennya baik-baik, unyu’-unyu’, lucu-lucu, cakep-cakep dan bla bla bla, pasti tambah nyaman”. hehe..
Bagaimana dengan kalian?
***
Itu tadi hanya sekadar penghangat suasana dan sekarang saya akan mulai serius. Seperti judul yang saya tulis di atas, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memaparkan opini saya tentang kelas yang bersih dan sehat menuju Adiwiyata.
Adiwiyata atau istilah kerennya Go Green School’s Program merupakan program yang sangat mendukung lestarinya alam di dunia ini. Langkah kecil yang akan memberikan dampak atau pengaruh besar bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Akan tetapi, saya tidak akan membahas panjang lebar tentang Adiwiyata, karena saya yakin Kawanku semua yang cerdas dan berakhlak mulia lebih paham daripada saya.
Masuk ke dalam materi, di sekolah sudah pasti ada yang namanya ruang kelas atau dalam bahasa inggris classroom. Ruang kelas adalah … (pasti Kawanku dapat mendeskripsikannya). Setiap hari, kecuali hari Minggu dan hari Libur Nasional atau libur Khusus, ruang kelas pasti digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Dari terbit fajar hingga sang mentari terbenam, siswa beraktivitas di ruang kelas. Nah, Bagaimana ruang kelas yang bersih dan sehat itu? Saya dapat mendeskripsikan sedikit tentang ruang kelas yang bersih dan sehat, Ruang Kelas yang sehat dan bersih itu…
1.      Apabila kita menatapnya, kita dapat tersenyum.. J
2.      Apabila kita mulai memasukinya, kita merasa nyaman.. J
3.      Apabila kita berada di dalamnya, kita merasa senang dan betah..
4.      Apabila kita meninggalkannya, kita akan merasakan sulit tuk meninggalkannya..

Yang menjadi pertanyaannya, “Apakah kita dapat mewujudkan itu semua??”
Itu hanyalah pertanyaan yang muncul di dalam pribadi-pribadi yang pesimis. Hendaknya Kawanku yang cerdas, janganlah kita merasa tidak bisa bila kita belum mencoba. Tanamkan jiwa optimis dalam diri kita, dan jadilah pribadi yang luar biasa dan SPEKTAKULAR.. :D
Untuk mewujudkan kelas yang sehat dan bersih, tidaklah sulit. Saya tegaskan Kelas bersih dan sehat itu bukan hanya MIMPI, tapi dapat direalisasikan. Upaya yang dapat dilakukan menuju itu semua, akan saya tuliskan di bawah ini.
1.      Tanamkan pada diri pribadi Kawanku yang cerdas rasa cinta kelas dan lingkungannyapeduli dengan kelas dan lingkungannya, dan memiliki kelas  dan lingkungan sekitar kawanku, karena itu merupakan dasar mewujudkan kelas yang sehat dan bersih.
2.      Buat  suasana kelas tetap kondusif dalam segala kondisi dan situasi, karena kelas yang bersih dan sehat, tidak hanya terfokus pada kebersihan dan keindahan lingkungan saja, melainkan suasana kelasinteraksi antar siswa harus sehat dan bersihpersaingan harus sehat dan bersih, serta kebiasaan siswa harus besih dan sehat pula.
3.      Hilangkan kebiasaan yang membuat kelas tidak bersih dan sehat, seperti membuang sampah di laci dan sebagainya.
ITU SEMUA TIDAK SULIT, KARENA KAWANKU SEMUA CERDAS!!

Saya kira hanya itu yang dapat saya sebarkan kepada kewanku yang cerdas, apabila saya dalam menuliskan opini banya kesalahan, itu semata-mata kekhilafan saya, dan apabila ada lebihnya itu semua dari Allah Swt. 
(Writer: Ardika Riski Rahmawan)

0 komentar:

Posting Komentar