follow us on twitter

Sabtu, 20 April 2013

SMAN 1 Bantul Ganbatte Adiwiyata



Sekolah dengan predikat “Adiwiyata” kini menjadi dambaan dan program yang sedang digencar-gencarkan setiap sekolah. Sekolah adiwiyata memberikan nuansa sekolah hijau, asri, dan indah. Hal ini memberikan nilai positif bagi kenyamanan setiap siswa yang menimba ilmu di lingkup sekolah ini. Tidaklah heran, sekolah berpredikat “Adiwiyata” memiliki salah satu faktor “X” terhadap prestasi siswa.

 SMA Negeri 1 Bantul merupakan salah satu sekolah berprestasi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang kini telah dikenal diberbagai kalangan. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai semua itu, seperti: peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kualitas pendidik, dan efektifitas waktu pembelajaran.
Mendesain sekolah itu penting. Terkadang beberapa sekolah tidak memenuhi kriteria “Adiwiyata” dalam arti
bahwa sekolah itu memiliki tata ruang yang kurang bagus. Secara konsep, bahwa lingkungan hijau belum bahkan tidak dimasukkan dalam konsep pembangunan sekolah tersebut. Pepohonan yang rindang, taman yang indah, rumput-rumput yang menghijau, percikan air dari kolam mungkin tidak ada dalam konsep sekolah yang asal-asalan.
Predikat “Adiwiyata” merupakan sebuah predikat bagi sekolah yang sudah berwawasan lingkungan. Sekolah yang di dalamnya ditanamkan kepada warganya agar mencintai lingkungan dan melestarikanya agar tercapainya kenyamanan bagi kegiatan belejar mengajar. Untuk menuju sekolah “Adiwiyata” sangat perlu adanya penataan lingkungan yang bagus baik dari segi konsep, keindahan, dan kenyamanan. Sehingga dari “Adiwiyata” kita dapatkan pengaruh atau dampak positif baik dari segi kenyamanan maupun segi kesuksesan pembelajaran.

(Writer: Dani Wisnu W. )

0 komentar:

Posting Komentar