follow us on twitter

Sabtu, 20 April 2013

Satu Bantul Punya Tema 'Berhias'

Ada beberapa cara untuk mengembangkan lingkungan hijau di SMA N 1 Bantul yang memiliki tema “BERHIAS”. “BERHIAS” ini merupakan kepanjangan dari Bersih, Rindang, Hijau,Indah, Asri, dan Sehat. Melalui tema ini diharapkan setiap warga sekolah memiliki kebiasaan hidup bersih, suka mengembangkan lingkungan lingkungan rindang, gemar melakukan penghijauan, mengembangkan lingkungan asri dan jiwa yang sehat. 


Semua itu dimulai dari kesadaran masing-masing warga sekolah. Seperti halnya menanamkan karakter warga sekolah untuk mencintai, menjaga dan melestarikan lingkungan disekitarnya. Hal itu dapat diwujudkan
dengan membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon dan membersihan lingkungan secara rutin.

Agar cara pengembangan lingkungan hijau dapat terlaksana dengan baik, diperlukan adanya keterlibatan
seluruh warga sekolah, dengan cara mensinergikan seluruh program sekolah, OSIS, dan UKK dibawahnya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepedulian lingkungan


.

Dari pihak sekolah mempunyai beberapa upaya untuk mendukung program adiwiyata di SMA N 1 Bantul. Diantaranya dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan lingkungan hijau ke dalam mata pelajaran. Selain itu, imbauan dari pihak sekolah agar setiap kelas membawa minimal 2 tanaman hias untuk mereka rawat di lingkungan sekolah serta untuk menambah kerindangan dan keasrian setiap sudut sekolah. Sekolah juga mengadakan program studi banding ke berbagai sekolah yang telah bergelar adiwiyata. Kegiatan ini diadakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang adiwiyata.

Untuk memantau program adiwiyata di SMAN 1 Bantul, sekolah mempunyai rencana satgas pada setiap kelas. Satgas ini memiliki tugas untuk mengawasi dan mengarahkan teman-teman kelasnya agar memiliki budaya cinta lingkungn. Hal ini merupakan wujud tangan kanan sekolah terhadap warganya.

(Writer: Dani Wisnu W. dkk)

0 komentar:

Posting Komentar