follow us on twitter

Minggu, 10 Mei 2015

Sayangi Paru-Parumu (1) Waspadai Kanker Paru-Paru

Infografik Faktor Penyebab Kanker Paru-Paru
Haii sahabat green SABA, dipostingan kali ini kami akan menampilkan berbagai macam hal mengenai "Sayangi Paru-Parumu". Yaak! For your information ya guys SMA N 1 Bantul dibawah kepemimpinan Ibu Dra. Hj. Titi Prawiti Sariningsih, M.Pd sedang melaksanakan program unggulan sehat yaitu Sayangi Paru-Parumu. Jadi dengan program ini nggak hanya menciptakan lingkungan hijau tapi juga menjunjung kesehatan tubuh khususnya Paru-Paru. 
Nah, nggak perlu kelamaan membaca ya, dibawah ini akan kami paparkan Faktor Penyebab Kanker Paru-Paru.


A. Pengertian
Kanker paru-paru dalam arti luas berarti penyakit keganasan pada paru-paru yang mencangkup keganasan yang berasal dari dalam paru-paru sendiri ataupun dari luar paru-paru. Hal ini dapat disebut dengan metastasis tumor di paru-paru. Dilihat dari jenisnya, terdapat banyak jenis kanker paru. Salahsatunya yaitu kanker paru primer, yakni tumor ganas yang berasal dari epitel bronkus atau karsinoma bronkus (bronchogenic carcinoma). Kanker juga dapat didefinisikan sebagai penyakit gen. Sebuah sel normal dapat menjadi sel kanker apabila dipengaruhi oleh berbagai sebab terjadi ketidak seimbangan antara fungsi onkogen dengan gen tumor suppresor dalam proses tumbuh dan kembangnya sebuah sel. Perubahan atau mutasi gen yang menyebabkan terjadinya hiperekspresi onkogen /kurang/hilangnya fungsi gen tumor suppresor menyebabkan sel tumbuh dan berkembang tak terkendali.

B. Deteksi Dini Kanker Paru
Dari pengertian di atas, tentunya masih belum memberikan informasi menyeluruh tentang kanker pada paru-paru. Nah, dilihat dari jenis penyakitnya cara mendeteksi dini kanker paru tidak terlalu berbeda dengan penyakit paru lainya. Gejala timbulnya kanker paru adalah sebagai berikut.
1. Keluhan Utama
Berupa : 
Batuk-batuk dengan atau tanpa dahak (dahak putih, dapat juga purulen); 
Batuk darah ; Sesak napas; Suara serak; Sakit dada; Sulit atau Sakit saat menelan;
Benjolan di pangkal leher; Sembab pada muka dan leher, kadang-kadang disertai sembab pada lengan dengan rasa nyeri yang hebat.
2. Keluhan Tidak Khas
Berupa :
Berat Badan berkurang;
Nafsu makan hilang;
Demam yang kadang timbul kadang mereda;
Terjadi syndrom paraneoplastik

C. Faktor Penyebab
Setelah mengerti apa itu kanker paru dan bagaimana cara mendeteksi gejalanya. Sekarang mari kita simak paparan mengenai faktor penyebab dari kaker paru.
1. Merokok (Perokok aktif)
Kegiatan merokok merupakan salah satu faktor utama tumbuhnya sel kanker pada paru-paru. Seperti yang telah diketahui, banyak sekali zat-zat berbahaya yang terdapat pada satu puntung rokok. Berdasarkan uji laboratorium, rokok dinyatakan mengandung zat karsiogenik yang dapat memungkinkan sel kanker untuk tumbuh ganas dalam paru-paru.
2. Perokok Pasif
Selain merokok, menghirup asap rokok juga dapat menjadi faktor penyebab kanker paru. Dalam hal ini sesorang dikategorikan sebagai perokok pasif yang ikut menghirup asap rokok walaupun tidak merokok (sebagai perokok aktif). Tentunya hal ini sangat merugikan bagi para perokok pasif, yang ikut terkena dampak dari adanya orang lain yang merokok. 
3.Terkena Radiasi 
Radiasi juga faktor membahayakan yang dapat memunculkan sel kanker. Secara ilmiah, radiasi dapat memacu pertumbuhan sel secara ganas. Salah satu radiasi dapat ditimbulkan dari radiasi nuklir, radiasi sinar ultra violet (penyebab kanker kulit), radiasi sinar pada alat radiografi, dan lainya. 
4.Pengaruh Polusi Udara
Polusi udara juga berberan penting dalam berkembangnya sel kanker pada paru-paru. Banyak sekali faktor yang menimbulkan polusi udara, diantaranya dari asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, asap pabrik dan lainya. Dari berbagai faktor tersebut semua zat berbahaya akan terakumulasi di udara dan dapat berbahaya jika dihirup.
5. Pengaruh Genetik
Secara genetik, sel kanker dapat diturunkan pada keturunan seseorang yang mengalami kanker paru. Hal ini dapat terjadi jika sel kanker yang diturunkan didukung oleh adanya faktor eksternal lainya yang mendukung berkembangnya sel kanker dalam paru.
6. Pengaruh Usia
Usia juga dapat mempengaruhi munculnya sel kanker pada paru. Semakin bertambahnya usia metabolisme tubuh akan rentan terhadap serangan-serangan dari luar tubuh. Salah satunya adalah tumbuhnya sel kanker pada paru-paru.

Naah, gimana sekarang sahabat green SABA? sudah mulai mendapat pencerahan mengenai Kanker Paru? Kompleks sekali yaa, tentunya dengan menjaga lingkungan tetap hijau dan tidak merokok adalah tindakan yang baik untuk mencegah kanker paru. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan masker ketika berpergian yaa. 
Semoga postingan kali ini bermanfaat dan dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.
Sampai ketemu di postingan Sayangi Paru-Parumu (2) :)


0 komentar:

Posting Komentar