follow us on twitter

Sabtu, 18 Oktober 2014

Kespro (5)



Nah, di postingan sebelumnya, kita telah membahas tentang penyakit-penyakat yang dapat menyerang alat reproduksi kita. Kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara menjaga kesehatan alat reproduksi kita. Yuk, dicermati!

1. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat
Makanan yang sehat merupakan faktor tubuh sehat. karena makana merupakan faktor utama yang mempengaruhi tubuh kita. Dimana setiap makanan yang kita makan akan berpengaruh besar pada tubuh kita. Makanan yang sehat mengandung banyak gizi yang baik bagi kesehatan tubuh.
2. Memilih-Milih atau tidak Makan Makanan Sembarangan
Memilih-milih atau tidak memakan makanan sembarangan itu juga sangat baik untuk dilakukan. Berhati-hatilah dalam memilih asupan makanan. Karena di era modern ini banyak sekali makanan yang disajikan secara tidak sehat oleh lpara pedagang nakal. Banyak makanan dan minuman yang dicampurkan denga bahan kimia yang merugikan bagi tubuh.  Maka pilihlah tempat makan atau makanan yang benar-benar aman dan sudah terpercaya.
3. Merawat Diri
Merawat diri merupakan faktor paling penting bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh kita terutama bagi kaum wanita yang umumnya suka sekali mempercantik diri. Namun kebanyakan orang hanya merawat diri bagian yang nampak terlihat saja, seperti wajah, rambut mata. hidung, tangan dan kaki. Banyak dari mereka yang tidak menyadari akan pentingnya kesehatan orang intim atau organ reproduksinya.
Berikut adalah Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi.
1.   Rajinlah membersihkan organ reproduksi kita, terutama apabila telah buang air kecil atau buang air besar. Bersihkanlah dan bilaslah dengan air, apabila Anda membersihkan dengan tissue bersihkan bilas kembali dengan air. Tissue memeang akan menyerap air yang keluar tetapi tissue tidak dapat membersihkan bakteri yang menempel pada organ vital kita. Khusus untuk wanita, bersihkanlah vagina Anda dengan cara dari arah depan ke belakang. Kebanyakan wanita membersihkan dengan cara yang salah yaitu dari arah belakang ke depan, hal itu justru akan membawa bakteri dari anus ke vagina Anda. Maka lakukanlah dengan baik.
2.   Gunakan Air yang Mengalir seperti dari kran. Menggunakan air yang mengalir akan membuat bakteri yang ada ikut terbuang bersamaan dengan air tersebut.
3.   Gantilah Celana dalam Anda dengan celana dalam yang benar-benar bersih minimal 2x sehari. Mengganti celana dalam secara rutin dengan celana dalam yang bersih akan menghidarkan lebih banyak bakteri pada organ vital kita.
4.   Hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat. Karena jika terlalu ketat akan telalu menekan dan menyebabkan tidak lancarnya peredaran darah.
5.   Hindari hubungan intim pada saat haid. Karena dalam darah haid mengandung banyak bakteri sehingga nantinya akan  menyebabkan penyakit.
6.   Hindari penggunaan parfum yang berlebih. Karena kebanyakan parfum mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan. Apalagi organ vital kita  yang sangat sensitif.
7.   (Bagi Wanita) Guankan pembalut yang benar-benar higienis, pilihlah pembalut yang terpercaya. gantilah pembalut secara rutin agar bakteri tidak bersarang pada organ intim.
8.   Rajinlah mencukur dan membersihkan rambut organ intim secara rutin, minimalnya 40 hari sekali. Karena jika dibiarkan terlalu lebat bakteri akan bersarang pada celah celah rambut.
9.   Jaga kelebapan suhu oragan intim, karena jika terlalu lembab atau suhunya terlalu tinggi akan menyebabkan organ intim tidak sehat.
Itulah beberapa cara merawat dan menjaga kesehatan oragan reproduksi. CINTAI DAN SAYANGILAH DIRI KITA, RAWAT DAN JAGALAH KESEHATANYA.

0 komentar:

Posting Komentar