follow us on twitter

Selasa, 30 April 2013

Kurangi Emisi Dengan Bersepeda



Kendaraan bermotor menjadi masalah utama dalam lingkungan hidup. Banyak masalah yang dapat terjadi akibat kendaraan bermotor. Kecelakaan lalu lintas marak terjadi, polusi menyelubungi kehidupan manusia di manapun tempatnya, kendaraan yang semakin hari bertambah kapasitasnya membuat kebutuhan akan emisi bahan bakar atau yang lebih dikenal dengan BBM semakin melonjak pula. Padahal, kita telah mengetahui bahwa minyak bumi tidak selamaya disediakan oleh bumi. Pembakaran yang tidak sempurna akibat kendaraan bermotor dan mesin industri  menghasilkan karbon monoksida yang terbanyak dibandingkan alat dan barang yang lain. Penggunaan kendaraan bermotor yang meningkat secara significan yang tidak diimbangi dengan adanya penanaman pepohonan mengakibatkan bertambahnya polusi yang suatu saat tidak terbendung lagi. Sedangkan untuk melakukan penanaman pohon tidaklah mudah, perlu berbulan-bulan untuk menunggu pepohonan itu produktif.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa tingkat polusi di Indonesia sangat parah terutama di kota- kota besar seperti Jakarta. Lalu bagaimana nasib lingkungan dan anak cucu kelak bila kita tidak segera bertindak
menyelamatkan bumi ? Sebagai siswa terpelajar, sudah selayaknya untuk kita peduli pada lingkungan, karena menjaga bumi merupakan kewajiban kita karena merupakan amanat dari Tuhan. Salah satu langkah yang bisa kita mulai dari hal yang kecil dan tentunya mudah untuk kita lakukan yaitu bersepeda.
Bersepeda tidak hanya membuat badan menjadi sehat, akan tetapi bersepeda bisa mengurangi polusi, berbagai penyakit yang disebabkan polusi serta penghematan BBM. Jika pengendara kendaraan bermotor dapat dialihkan sebagai pengendara sepeda yang baik, maka akan memberikan kontribusi yang sagat besar terutama “Penghematan BBM” yang sudah mulai sulit ditemukan di beberapa daerah dan bahaya “Global Warming”. Akan tetapi pemerintah dalam menjalankan berbagai program pelestarian lingkungan belum berjalan sesuai keinginan karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya lingkungan dan mengakibatkan tingkat polusi di negara ini meningkat tajam.
Untuk itu kita sebagai warga negara yang baik wajib berperan dalam pelestarian lingkungan kita dengan hal yang kecil yaitu mengutamakan bersepeda jika hendak berpergian  dalam jarak tidak terlalu jauh. Selain menghemat emisi bahan bakar kita juga sekaligus dapat berolahraga sehingga tubuh kita akan terjaga kesehatanya. Bersepeda juga bisa menjadi sarana “refreshing” atau berlibur di tengah kepenatan suasana sehari – hari. Kita bisa memulai hal kecil dengan membiasakan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda dan itu artinya kita ikut berperan serta dalam penghematan BBM maupun mencegah terjadinya “Global Warming”.







Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsR0hC55S6Mrr0AqS4Sl_jsVD-T9snFIgsievkMhxlwbMadkqdNcEhGgfjnwQfaFe6X3fj5tWREeaIO9JgXv7mN7sfKqnmO7OCbnbQyVbH1rRVqckTVKciw5H2c7UCeupS08tOwTfFuV0N/s1600/manfaat+bersepeda.jpg

Mengapa kita malu bila menggunakan sepeda ?


BERSEPEDA memiliki berjuta MANFAAT, diantaranya :

·         Murah Meriah, dan tidak memerlukan lahan parkir yang luas.
·         Ramah Lingkungan.
·         Dapat dipakai oleh semua usia atau kalangan.
·         Hemat Energi dan ramah lingkungan.
·         Memberikan kesempatan berinteraksi yang leluasa baik dengan sesama pemakai jalan, maupun dengan warga masyarakat di sekitarnya.

1 komentar: