follow us on twitter

Sabtu, 26 Juli 2014

Kespro (1)



Kespro - Herpes
Halo readers! Kembali lagi bersama admin keceh! Nah, kali ini admin akan membahas tentang Kespro. Bukan, Kespro yang di sini bukan nama partai atau nama pendukung band, bukan, Kespro ini singkatan dari Kesehatan Reproduksi Remaja.

Duh, reproduksi? Jangan mikir yang aneh-aneh dulu, lho, guys. Admin di sini bukannya mau bahas pelajaran Biologi bab yang paling kalian sukai, tapi admin mau bahas bagaimana cara menjaga kesehatan alat reproduksi kita sendiri.
Nah, hal yang pertama yang akan admin bahas adalah macam-macam penyakit yang dapat menyerang alat reproduksi kita. Kali ini admin akan membahas tentang Herpes!
Herpes
Menurut artikel yang admin baca, “Herpes merupakan penyakit infeksi kulit, yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Penyakit kulit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Herpes simplex dan Herpes zoster, dan kedua jenis penyakit herpes ini memiliki penyebab penyakit kelamin herpes yang sama.”
Jadi, kesimpulannya, Herpes merupakan penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Nah, terdapat dua macam penyakit herpes yang penyebabnya sama, maka kedua jenis penyakit ini memiliki cara penanganan yang sama pula.
Eits, tunggu dulu, meski memiliki penyebab penyakit kelamin herpes yang sama, kedua jenis penyakit herpes tersebut memiliki ciri khas dan wilayah “penyerangan” yang berbeda, lho.
Pertama, penyakit Herpes simplex adalah penyakit herpes yang umum dan menyerang kulit kelamin, pangkal paha, dan daerah sekitarnya. Jadi Herpes simplex ini kebanyakan menyerang daerah reproduksi, jadi kalian semua harus berhati-hati dengan penyakit ini.
Sedangkan Herpes zoster biasanya menyerang wilayah kulit manapun, seperti sekitar mulut, perut, dan leher. Menurut admin, Herpes zoster ini memiliki daerah penyerangan yang tak begitu rawan, tapi tetap saja, readers harus tetap hati-hati dengan yang namanya penyakit.
Siapa, sih yang ingin sakit? Semoga saja tak ada, Aamiin.
Nah, berhubung kali ini tema yang admin bahas adalah kesehatan reproduksi, tentu saja admin akan membahas Herpes simplex, yang daerah penyerangannya sekitar alat reproduksi.
Setelah admin baca, ada beberapa hal yang menjadi penyebab penularan virus penyebab penyakit kelamin herpes ini.
Pertama, aktivitas senggama (atau hubungan suami istri) yang tidak sehat adalah penyebab penyebaran virus Herpes simplex; faktanya, aktivitas yang demikian menjadi sarana utama penyebaran berbagai macam virus yang menyebabkan penyakit kelamin. Mencegah aktivitas senggama yang tidak sehat juga akan berpengaruh baik untuk keturunan, karena virus penyebab penyakit kelamin herpes juga menyebar lewat kelahiran. Tapi, tapi, tapiiiiii... admin tidak menganjurkan kalian untuk melakukan senggama loh, hanya diperuntukkan bagi yang sudah sah saja, mengerti?
Kedua, luka yang tidak disembuhkan di bagian kelamin atau sekitarnya juga bisa menjadi penyebab penyakit kelamin herpes tersebar karena bakteri bisa lebih mudah menyebar dan tumbuh. Jadi, kalau kalian memiliki luka di bagian kelamin, segera disembuhkan, ya. Jangan malu untuk berkata kepada orang tua jika kalian memiliki penyakit di daerah “itu”, karena, jika kalian langsung berkata kepada orang tua dan penanganannya lama, kalian bisa terkena penyakit ini, lho.
Terus, bagaimana cara pecegahan penyakit herpes? Perhatikan saran-saran berikut ini:
Pertama, memiliki pola aktivitas yang sehat, hanya dengan satu pasangan saja (ingat, admin tidak menyarankan untuk melakukan hubungan bagi yang belum sah!).
Kedua, jangan melakukan seks bebas! Karena tak hanya penyakit herpes saja yang bisa tertular, siapa tahu ada penyakit lain yang dimiliki pasangan kita, jadi jangan pernah lakukan seks bebas.
Ketiga, lakukan vaksin, karena penularan herpes tidak hanya dengan senggama saja, sentuhan luka juga bisa mengenai kita. Usahakan tidak melakukan kontak langsung dengan penderita. Jadi, berhati-hatilah!
Keempat, menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak menurun, sehingga virus sulit untuk menginfeksi tubuh.
Kelima, segera periksakan luka yang terdapat di daerah sekitar kelamin atau ada sesuatu yang aneh ke dokter, sehingga kalian mendapatkan penanganan lebih dini.
Nah, sekian tentang penyakit herpes, bagaimana penularannya, dan cara pencegahannya. Sampai jumpa di postingan berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar