follow us on twitter

Selasa, 23 April 2013

Membuat Biopori dan manfaatnya.

Kita mau berbagi untuk cara membuat biopori. Sebelumnya, kita harus tahu apa biopori itu. Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.
Strike, langsung aja ya!




1. Memilih lokasi yang tepat untuk pembuatan biopori. Tempat yang cukup efektif ini salah satunya di dekat pohon dan di samping saluran irigasi air.

2. Buatlah lubang di tanah dengan diameter 15-30 cm dan kedalaman 80-100 cm menggunakan linggis ataupun pengebor tanah. Alat semacam ini ada 2 jenis.


3. Isilah lubang tersebut dengan sampah dapur, dedaunan, pangkasan tanaman atau rumput, sampah kebun.



4. Jika volume sampah berkurang, isilah kembali dengan sampah-sampah seperti yang disebutkan diatas.


5. Kompos diambil setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan kembali Lubang Resapan Biopori tersebut.


Mudah bukan? Selain sebagai resapan kita bisa membuat pupuk yang bisa di manfaatkan. Seperti kata pepatah, "Satu kali dayung, 2-3 pulau terlampaui." Melakukan satu kegiatan, menyelesaikan 2 kegiatan. 
Menarik? 


Selamat Mencoba...!!!

0 komentar:

Posting Komentar